THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

0

SD NEGERI 1 KARANGWARU TULUNGAGUNG

.

SELAMAT DATANG SOBAT

Staf tenaga pengajar dan tata usaha

Senin, 01 Desember 2008

jaranan senterewe khas tulungagung siap mendobrak pasar dunia

Kesenian tradisional jaranan senterewe yang menjadi ikon seni tradisi Tulungagung masih eksis di tengah-tengah komunitas pendukungnya. Kesenian tradisi itu menjadi bagian dari ekspresi berkesenian sebagian besar rakyat.

kesenian jaranan di Tulungagung mengalami kemajuan kendati tidak mendapat pembinaan dari pemerintah karena apresiasi masyarakat pendukungnya cukup tinggi. "Jaranan senterewe khas Tulungagung mengikuti tren yang berkembang di masyarakat, yaitu jaranan senterewe campursari,"

jaranan senterewe di Tulungagung sebenarnya masih terpusat pada kelompok-kelompok jaranan tertentu. "Kelompok jaranan yang sudah rekaman di VCD sering mendapat tanggapan," Di antaranya, Kuda Bhirawa, Savitri, Tunjung Budaya, dan Putro Yuwono.

"Jaranan senterewe khas Tulungagung itu aspek dan aksen geraknya sangat dinamis, cepat, dan keras, sedangkan aspek musiknya kempul, kenong, dan gong,"

Tiga sampai empat tahun lalu, Dinas Pariwisata Kabupaten Tulungagung masih menyelenggarakan festival jaranan. "Tetapi akhir-akhir ini yang mengadakan festival jaranan justru kelompok sanggar seni,"

kesenian jaranan senterewe yang belum mengalami perubahan kemasan dan selera pasar masih cukup banyak terdapat di desa-desa.

"Di luar itu, kelompok jaranan Savitri sempat menghebohkan karena memadukan dangdutan, penari ular, dan campursari,"

pola pembinaan kesenian jaranan senterewe oleh pemerintah daerah tidak merata dan terkesan hanya terfokus pada kelompok jaranan yang sudah mapan. Sedangkan kelompok jaranan yang pemasarannya hanya di lingkup lokal Tulungagung kurang mendapat dukungan dan kesempatan ditampilkan di luar Tulungagung.

3 komentar:

Bola Basket MIPA UGM mengatakan...

mohon izin untuk mengutip (tulungagung.go.id)

Oke Deh !!! mengatakan...

jaranan yang bagus sebenarnya yg masih orisinil belum ada kreasi atau gubahan.....

Anonim mengatakan...

was eapacksMungkin dulu sblm Jaranan safitri muncul,ada yg pernah denger Nama Jaranan Putra Bhirawa dr ketanon,kedungwaru.Jaranan ini byk pengemarnya sering tanggapan kmn mn,tp sayangnya skrg kurang adanya perhatian dr pemerintah setempat.walaupun tdk adanya perhatian dr pihak terkait.Putra Bhirawa tetap eksis di hati Penggemarnya,walaupun tampil dgn perlengkapan seadannya.Tp tdk mengurangi seni gerak asli Jaranan Senterewe Putra Bhirawa

FAVOURITE

Edittag