THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

0

SD NEGERI 1 KARANGWARU TULUNGAGUNG

.

SELAMAT DATANG SOBAT

Staf tenaga pengajar dan tata usaha

Senin, 01 Desember 2008

SEKILAS TENTANG PUSAKA KIAI UPAS

Tersebut sebuah nama Dalem kanjengan, tempat ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Kabupaten Tulungagung yang berkaitan langsung dengan sejarah pemerintahan dan kekuasaan di Tulungagung. Sebab, di dalem kanjengan yang ditempati mulai tahun 1991 ini, tersimpan sebilah pusaka kraton Mataram yang bernama tombak Kiai Upas (lidah) Baru Klinting.

Pusaka Kiai Upas merupakan cikal bakal berdirinya Kabupaten Tulungagung yang berdasar sejarah sebelumnya daerah bawahan kerajaan Mataram. Menyitir salah satu versi sejarah, tombak Kiai Upas berasal dari potongan lidah keturunan salah satu raja Kerajaan Mataram Islam yang bernama Ki Ageng Mangir.

Legenda yang berkembang di masyarakat, putra raja ini berwujud seekor ular. Karena dorongan keinginan bertemu sang ayah, ular penjelmaan ini harus merelakan lidahnya dipotong. Tombak Kiai Upas ini diyakini menjadi semacam pusaka setiap Bupati Tulungagung. Setiap bulan Suro, penanggalan Jawa, Bupati melakukan ritual siraman Kiai Upas di Dalem Kanjengan. Dan ini menjadi wisata religi yang menarik ratusan bahkan ribuan anggota masyarakat. Tidak hanya di Tulungagung, tapi juga dari masyarakat yang berada di daerah eks Karsidenan Kediri.

0 komentar:

FAVOURITE

Edittag