THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

0

SD NEGERI 1 KARANGWARU TULUNGAGUNG

.

SELAMAT DATANG SOBAT

Staf tenaga pengajar dan tata usaha

Kamis, 19 Maret 2009

Ajari Buat Suplemen Organik


TULUNGAGUNG – Usia dini bukan berarti tak peduli lingkungan. Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum di Desa Buntaran, Kecamatan Rejotangan, contohnya. Mereka mendapatkan materi tentang metode pembuatan minuman suplemen untuk ternak dengan bahan dasar organik.
Selain untuk kemandirian siswa, pembuatan suplemen organik untuk pakan ternak juga bagian dari menjaga lingkungan. Karena menggunakan bahan alami. Limbah dari olahan minuman suplemen juga bisa digunakan untuk pupuk. “Nyaris tidak ada yang dibuang,” ucap Zainal Mualifin, salah satu guru MI Mambaul Ulum.
Bahan dasarnya terdiri dari kencur, kunir, jahe, temulawak dan air kelapa. Seluruh bahan itu difrementasikan selama seminggu. Baru diminumkan ke sapi.
Hal senada juga diungkapkan Makrus Ali, selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum. Sekolah memberikan materi pembuatan suplemen organik karena murah biayanya, juga ramah lingkungan.
“Saat diberikan materi, siswa mudah mengerti, karena mereka tidak asing dengan materi yang kami berikan. Yakni, mulai bahan baku, hingga persoalan ternak. Kami berharap, dengan pengenalan itu, menummbuhkan semangat kemandirian siswa,” kata Makrus Ali.

Sumber : radar tulungagung

0 komentar:

FAVOURITE

Edittag